Gaya Hidup Sehat

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita Karir

Written by Kita Bersama · 3 min read >

Wanita karir yang aktif bekerja umumnya punya banyak kegiatan di luar ruangan dan aktivitas yang padat seharian. Karena hal ini, tak jarang muncul masalah pada kulit seperti kulit kusam, pori-pori besar, jerawat, hingga tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

Masalah-masalah kulit yang sering dialami wanita karir ini diakibatkan dari kurangnya perawatan karena terus sibuk bekerja. Padahal, merawat kulit sejak dini sangat penting untuk mengatasi sejumlah masalah kulit dan juga mencegah penuaan kulit muncul lebih cepat.

Walaupun sibuk bekerja, sebaiknya kamu tetap perhatikan kesehatan kulit dan tidak melewatkan perawatan rutin. Perawatan kulit yang mudah dilakukan berikut ini bisa jadi langkah awal untuk kulit yang lebih sehat bagi kamu para wanita karir. Simak selengkapnya sampai akhir, yuk!

1. Cuci wajah dua kali sehari

Mencuci wajah dua kali sehari saat bangun tidur dan sebelum tidur membantu menjaga kebersihan wajahmu. Aktivitas yang padat sepanjang hari membuat kulitmu jadi lebih sering terkena paparan sinar matahari, debu, kotoran, dan polusi. Membersihkan wajah dengan metode double cleansing penting agar semua kotoran tersebut benar-benar terangkat dari kulit wajah.

Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan tidak menimbulkan rasa kesat setelah dibilas. Lebih baik lagi jika sabun yang kamu pilih mengandung kandungan yang melembabkan dan sesuai dengan pH kulit. Sehingga, selain menjadi lebih bersih, kelembapan kulitmu juga dapat lebih terjaga.

2. Langsung mandi sesampainya di rumah

Mandi adalah perawatan kulit paling dasar dan paling esensial untuk kulit yang sehat. Menurut Medical News Today, ada banyak manfaat mandi bagi kesehatan kulit. Mandi mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori sehingga sel kulit dapat bekerja lebih baik.

Bakteri, kuman, dan kotoran yang menempel juga dibersihkan sehingga mengurangi potensi iritasi dan masalah kulit lainnya. Maka dari itu, sebaiknya kamu segera mandi sesampainya di rumah usai bekerja seharian agar bakteri penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya tidak lama berada di tubuhmu.

3. Lakukan eksfoliasi rutin dan jangan lewatkan sunscreen

Bagi kamu wanita karir yang punya segudang aktivitas di luar ruangan, rutin eksfoliasi dan menggunakan sunscreen sangat diperlukan. Terlebih lagi jika kamu menggunakan makeup setiap hari, akumulasi dari sisa-sisa makeup, kotoran, debu, dan polusi dari lingkungan akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati di wajahmu. Ingatlah untuk rutin melakukan eksfoliasi dua atau tiga kali seminggu agar sel-sel kulit mati dapat terangkat.

Di sisi lain, mobilitas yang tinggi juga menyebabkan kulitmu terpapar sinar matahari dalam jumlah besar. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulitmu dari efek sinar UV dari matahari. Salah satu sunscreen ringan yang dapat kamu pakai adalah Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50++ PA ++++ (Rp119.657) yang bisa dibeli lebih hemat di Jovee.

Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50++ PA ++++ merupakan tabir surya transparan dalam bentuk stik yang mampu menangkal radiasi sinar UVA & UVB. Memiliki tekstur ringan sehingga mudah menyerap, tidak lengket, tidak menyumbat pori-pori, dan tidak menggeser makeup sehingga cocok untuk kamu yang aktif bekerja.

4. Minum air putih 2 liter sehari

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah memenuhi asupan cairan tubuh. Jika lapisan kulit terluar mengalami kekeringan, kulit akan mengalami dehidrasi dan jadi terasa kering dan kasar. Hal ini dikarenakan air merupakan salah satu elemen penting dalam sel-sel kulit. Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami kemerahan dan terinfeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

Maka dari itu, penuhi asupan cairan tubuh dengan minum 8 gelas atau 2 liter air per harinya. Agar kamu tidak lupa untuk minum, kamu bisa gunakan aplikasi pengingat atau membawa botol minum saat bekerja.

5. Perhatikan asupan makanan

Memperhatikan asupan makanan dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam. Konsumsi makanan bergizi yang kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk kulit, seperti buah-buahan dan sayuran berdaun hijau. Asupan gizi yang seimbang tidak hanya baik untuk kulitmu, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika kamu tidak begitu doyan sayuran dan jarang konsumsi buah-buahan, konsumsi suplemen bisa membantu kamu untuk penuhi nutrisi dan vitamin kulit. Blackmores Multivitamin dan Mineral (Rp118.568) bisa jadi salah satu suplemen yang patut dicoba, karena mengandung 15 vitamin dan 6 mineral yang bantu jaga kesehatan tubuh dan kulit di tengah aktivitas padat.

Itulah 5 cara menjaga kesehatan kulit bagi wanita karir. Selain cara-cara di atas, terapkan pola hidup yang sehat juga dapat mendukung kesehatan dan kecantikan kulit yang lebih baik selama kamu sibuk bekerja. Jika kamu ingin dapatkan rekomendasi suplemen harian yang cocok untuk aktivitas padat, kamu bisa unduh aplikasi Jovee di PlayStore dan AppStore lalu ikuti kuisnya untuk dapatkan rekomendasi suplemen personalmu.