Gaya Hidup Sehat

6 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Written by Kita Bersama · 3 min read >

Kamu penggemar green tea? Dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh, teh yang digemari banyak orang ini ternyata juga bermanfaat bagi kulit. Green tea atau teh hijau berasal dari tumbuhan Camellia sinensis yang dikeringkan dan seringnya diolah menjadi minuman atau campuran makanan manis.

Kaya akan antioksidan polifenol dan EGCG (epigallocatechin gallate), ada banyak nutrisi lainnya dalam teh hijau yang sayang dilewatkan untuk menjaga kecantikan kulitmu. Lalu, apa saja manfaat teh hijau untuk kecantikan? Berikut ini sejumlah manfaat teh hijau untuk kecantikan yang telah Jovee rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak sampai akhir!

1. Mengatasi Jerawat

Teh hijau bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang bisa menjadi bahan efektif untuk mengatasi jerawat kamu.

Manfaat teh hijau untuk jerawat ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian, yang membuktikan bahwa antioksidan polifenol yang ada dalam teh hijau mampu mengurangi produksi sebum yang menyebabkan jerawat ketika diaplikasikan langsung ke kulit wajah. Tak hanya itu, polifenol juga berperan sebagai antibakteri dengan cara merusak membran bakteri penyebab jerawat.

Di sisi lain, kandungan EGCG dalam teh hijau membantu meredakan jerawat dan menghambat perkembangan bakteri jerawat. Manfaat teh hijau untuk kecantikan ini dapat kamu peroleh baik dengan mengaplikasikan teh hijau sebagai masker ataupun dikonsumsi secara langsung.

2. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat teh hijau untuk kecantikan selanjutnya adalah melindungi kulitmu dari efek berbahaya sinar UV. Sebagai antioksidan, teh hijau membantu melindungi sel-sel kulit dari paparan radikal bebas dan polusi.

Teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin yang berbeda, dengan EGCG dan ECG yang paling besar. Menurut sebuah studi tahun 2010, kekuatan antioksidan EGCG mampu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari.

Sehingga, selain melindungi kulitmu dari sinar UV teh hijau juga membantu mengurangi risiko kanker kulit. Namun, perlu diperhatikan untuk perlindungan terbaik dari sinar UV, kamu tetap harus menggunakan tabir surya di setiap aktivitasmu.

Gunakan tabir surya ringan yang tidak menyumbat pori-pori seperti Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++ (Rp56.682) yang cocok untuk semua jenis kulit.

3. Anti-aging

Meremajakan sel-sel kulit, kamu juga bisa gunakan teh hijau untuk mencegah penuaan kulit. EGCG dalam teh hijau memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mencegah sel-sel sehat mudah rusak, yang akhirnya membuat kulitmu terlihat awet muda dan kenyal.

Selain EGCG, vitamin B2 dalam teh hijau juga turut serta dalam tampilan kulit yang awet muda. Vitamin B2 memiliki kemampuan untuk meningkatkan dan mengontrol produksi kolagen, yang meningkatkan elastisitas kulitmu. Kamu bisa dapatkan khasiat ini baik dengan cara diaplikasikan langsung ke kulit, atau dengan mengonsumsi teh hijau.

4. Kulit yang lebih lembab

Tak hanya masker teh hijau, manfaat minum teh hijau sebelum tidur untuk kecantikan juga bisa didapatkan untuk dapatkan kulit yang senantiasa lembab. Teh hijau mengandung sejumlah vitamin kulit, termasuk vitamin E yang dikenal baik untuk menutrisi dan melembabkan kulitmu. Selain melembabkan, vitamin E juga dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi seperti bekas jerawat dan flek hitam yang disebabkan oleh minyak berlebih dan paparan sinar UV.

5. Mengurangi kemerahan, iritasi, dan pembengkakan

Berkat sifat antiinflamasinya, teh hijau dapat membantu meredakan iritasi, kemerahan, dan pembengkakan. Mengoleskan teh hijau pada kulitmu juga bisa menenangkan luka kecil dan kulit yang terbakar.

Penelitian juga menemukan teh hijau bisa menjadi obat yang efektif untuk banyak kondisi kulit. Salah satunya yaitu menenangkan iritasi dan gatal yang disebabkan psoriasis, dermatitis, rosacea, dan keloid.

Mata kamu bengkak akibat kurang tidur? Kamu juga bisa mengatasi mata bengkak dengan teh hijau lho, Jovians. Kandungan kafein dan tanin dalam teh hijau membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata, yang menjadikannya skincare yang ampuh untuk mengatasi mata bengkak dan lingkaran hitam.

6. Menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit

Manfaat teh hijau untuk kecantikan yang terakhir adalah menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain vitamin B2 dan vitamin E, ternyata teh hijau juga mengandung vitamin A atau juga dikenal sebagai retinol yang dapat menjaga dua lapisan kulit teratas terlihat lebih baik.

Teh hijau untuk masker vs. dikonsumsi langsung, mana yang lebih baik?

Menurut Christine Choi Kim, seorang dermatologi, dilansir dari Byrdie, studi langsung yang membandingkan manfaat teh hijau untuk kecantikan topikal vs. oral secara khusus belum dilakukan, tetapi teh hijau aman digunakan dalam bentuk apa pun.

Namun, ada beberapa bahan yang perlu dihindari saat mengonsumsi teh hijau secara langsung seperti antibiotik, pil KB, antikoagulan, antidepresan, fenilpropanolamin, amfetamin, dan obat apa pun yang dapat menyebabkan kerusakan hati.

Jika kamu mengonsumsi salah satu obat-obatan di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh hijau. Di sisi lain, hingga saat ini belum ditemukan efek samping serius dari penggunaan teh hijau sebagai masker.

Itulah 6 manfaat teh hijau untuk kecantikan. Ingin tahu informasi lainnya seputar kesehatan kulit? Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasinya di App Store dan Play Store untuk dapatkan rekomendasi vitamin personalmu.