Gaya Hidup Sehat

7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Written by Kita Bersama · 3 min read >

Susu mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuhmu. Biasanya, susu dikonsumsi setiap pagi sebelum beraktivitas. Namun ternyata, ada juga manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan dan kesehatan lho, Jovians!

Dilansir dari Milk Facts, susu terdiri dari air, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Vitamin yang terkandung di dalam susu sangat lengkap, meliputi vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, hingga asam folat.

Inilah mengapa, asupan susu sangat penting bagi anak-anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Namun, minum susu bagi orang dewasa ternyata juga punya banyak manfaat.

Berikut ini sejumlah manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan dan kesehatan yang telah dirangkum Jovee dari berbagai sumber.

1. Kualitas tidur yang lebih baik

Jumlah tidur yang tidak cukup tidak hanya mempengaruhi kinerja tubuh, tetapi juga kesehatan kulitmu. Kurang tidur akan membuat kulitmu menjadi lebih kering, lebih cepat keriput, dan kusam.

Jika kamu kesulitan untuk tidur, minum susu sebelum tidur dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak sekaligus mendukung pola tidur yang lebih baik.

Mengapa susu bisa membantu tidur lebih nyenyak? Ini dikarenakan susu mengandung melatonin, hormon yang berperan dalam siklus tidur dan memberi efek kantuk pada malam hari.

Biasanya, kadar melatonin akan meningkat saat memasuki jam malam hari, yang memberi sinyal pada otak untuk segera tidur dengan membuat rasa kantuk. Oleh sebab itu, minum segelas susu sebelum tidur dapat membantu meningkatkan hormon melatonin dan membuat kamu tidur lebih cepat.

2. Mengurangi stres

Susu merupakan minuman kaya kalsium yang tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga dapat mengurangi stres. Kamu tentunya sudah tahu stres dapat memperburuk kondisi kulitmu. Stres melepas hormon kortisol, yang membuat kulitmu menjadi lebih berminyak dan rentan berjerawat.

Minum segelas susu hangat dapat menurunkan stres dan memberi efek relaksasi pada tubuh. Menurut sebuah penelitian tahun 2012 dalam jurnal Nutrition Research and Practice, susu dan makanan olahan susu lainnya yang mengandung kalsium dan vitamin D dapat membantu otot menjadi lebih rileks dan menstabilkan suasana hati.

Bahkan, dalam penelitian lainnya di tahun 2017, menemukan susu juga dapat meredakan gejala PMS pada wanita.

3. Menjaga elastisitas kulit

Dokter Beall, dilansir dari Oprah Daily, mengatakan, “Protein yang ditemukan dalam produk susu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit seiring bertambahnya usia,” ucapnya.

Susu juga mengandung retinol, yang dikenal sebagai antioksidan anti-aging dan pemulihan kulit. Tak hanya itu, vitamin E, vitamin C, vitamin B dan vitamin D yang terkandung dalam susu juga merupakan vitamin anti-aging dan antiinflamasi yang memberi perlindungan ekstra pada kulit dari sinar UV.

4. Menjaga berat badan

Manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan selanjutnya adalah menjaga berat badan. Mungkin sebelumnya kamu berpikir bahwa minum susu menyebabkan kenaikan berat badan, tetapi faktanya, minum susu sebelum tidur dapat mencegah kenaikan pada berat badanmu.

Hal ini dikarenakan susu mengandung protein tinggi yang menyebabkan kamu merasa kenyang lebih lama, yang dapat mencegah makan berlebihan.

Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan asam linoleat yang terdapat di dalam susu ditemukan memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan dengan memecah lemak dan menghambat produksi lemak.

Tak hanya asam linoleat, kalsium dalam susu juga mendukung pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Kamu tentunya sudah tahu manfaat susu yang satu ini, bukan? Minum susu sebelum tidur dapat menjaga kesehatan tulang dan otot, karena kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral tulang seperti kalsium, zat besi, potassium, dan vitamin K2.

“Susu merupakan salah satu sumber terbaik kalsium, vitamin D, magnesium, dan protein yang esensial bagi tulang. Bahkan, sejumlah makanan seperti tahu dan salmon tidak mengandung jumlah kalsium setinggi susu,” jelas Majumdar, ahli diet dan juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, dilansir dari Oprah Daily.

Susu merupakan sumber yang sangat baik untuk tulang dan tubuh, yang juga dapat mencegah kamu untuk terkena penyakit tulang seperti osteoporosis. Terutama pada wanita yang akan memasuki masa menopause, asupan kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

6. Menjaga kadar kolesterol tubuh

Mengonsumsi susu rendah lemak atau tanpa lemak sebelum tidur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, yang baik bagi jantung kamu.

Susu telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang bisa membantu membersihkan plak dari arteri untuk mencegah kamu dari penyakit jantung. Namun, ini hanya berlaku jika kamu mengonsumsi susu murni dan bukan susu skim.

Potasium yang terkandung dalam susu juga dapat mengurangi tingkat tekanan darah yang baik untuk kesehatan jantung.

7. Sistem pencernaan yang lebih baik

Manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan dan kesehatan yang terakhir adalah melancarkan sistem pencernaan tubuhmu. Lebih dari 80 persen kekebalan tubuh terdapat di usus, termasuk ratusan bakteri alami yang membantu pencernaan. Pencernaan yang tidak sehat bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulitmu.

Pencernaan yang tidak sehat menyebabkan inflamasi pada kulit, yang menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak. Nah, minum susu sebelum tidur bisa membantu berbagai masalah pada perut, seperti kembung dan sembelit. Asam laktat dalam susu berguna untuk menetralkan penumpukan keasaman pada usus, sehingga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti sakit perut.

Demikianlah manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan dan kesehatan. Perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat di atas kamu perlu memilih susu murni tanpa gula tambahan.

Menjaga kecantikan kulit juga bisa kamu dapatkan melalui konsumsi suplemen kecantikan seperti Konimex Ever E250 (Rp64.296). Mengandung vitamin E yang baik untuk kulit, membantu kamu untuk dapatkan kulit sehat dan cerah dari dalam.

Dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Unduh juga aplikasinya untuk dapatkan notifikasi promo menarik setiap bulannya. Temukan berbagai vitamin dan suplemen, mulai dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.