Gaya Hidup Sehat

Apa Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih bagi Kesehatan?

Written by Kita Bersama · 3 min read >

Temulawak dan kunyit putih telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Berbeda dengan kunyit biasa, kunyit atau kunir putih memiliki bentuk mirip dengan kunyit namun punya warna daging yang putih dan tekstur yang lebih lembut.

Ada banyak manfaat temulawak dan kunyit putih bagi kesehatan, yang bisa kamu peroleh baik dengan cara direbus ataupun dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Apa saja manfaat temulawak dan kunyit putih bagi kesehatan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Bantu atasi masalah pencernaan

Melansir dari Wild Turmeric, kunyit putih mampu mengurangi refluks asam lambung secara signifikan dan telah terbukti dapat menyembuhkan gejala maag. Kunyit putih juga telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti kehilangan nafsu makan, cacingan, perut kembung, dan buang air besar tidak teratur. Tak hanya itu, kunyit putih juga dapat mencegah radang usus yang disebabkan oleh stres.

Sebagai antiinflamasi alami

Peradangan dalam tubuh berfungsi sebagai bentuk perlindungan tubuh terhadap serangan virus, bakteri, hingga benda asing. Namun, meskipun peradangan punya peran penting bagi tubuh, peradangan jangka panjang bisa menyerang jaringan tubuhmu sendiri.

Manfaat temulawak dan kunyit putih dapat membantu tubuh mendeteksi racun penyebab peradangan, sehingga dapat mengurangi peradangan dengan cepat. Khasiat ini bisa kamu dapatkan dari penggunaan eksternal maupun mengonsumsi rebusan temulawak dan kunyit putih.

Meredakan rasa nyeri

Manfaat temulawak dan kunyit putih lainnya yang tidak kalah menakjubkan adalah meredakan nyeri. Kunyit putih mempunyai sifat analgesik sehingga cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Medicine, kandungan kurkumin dalam temulawak dan kunyit putih dapat mengurangi nyeri PMS, nyeri payudara, sakit kepala, hingga sakit punggung. Sementara itu, penelitian lainnya juga menunjukkan temulawak dan kunyit bisa membantu meringankan rasa sakit terkait operasi pencabutan gigi bungsu.

Mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi air rebusan temulawak dan kunyit putih bisa menurunkan risiko penyakit kanker lho, Jovians! Telah banyak penelitian yang membuktikan hal ini, di mana curcumin yang terkandung dalam temulawak dan kunyit putih berkontribusi pada kematian sel kanker dan mengurangi penyebarannya ke sel-sel tubuh yang lain.

Bukti lain juga menunjukkan bahwa efek ini lebih besar berdampak pada pencegahan kanker pencernaan, seperti kanker kolorektal.

Menurunkan kadar kolesterol darah

Khasiat kunir putih dan temulawak selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol darah. Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, konsumsi rutin kunyit putih diyakini dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol. Kunyit putih berperan dalam mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

Meningkatkan fungsi otak

Kamu kesulitan untuk fokus saat bekerja? Mungkin mengonsumsi temulawak dan kunyit putih bisa membantu kamu untuk tetap fokus. Kandungan curcuma di dalam dua jenis rimpang ini ditemukan dapat meningkatkan kadar hormon BDNF otak, yang meningkatkan pertumbuhan neuron baru dan melawan berbagai proses degeneratif di otak kamu.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kerusakan oksidatif dari paparan radikal bebas diyakini sebagai salah satu dari penyebab banyak penyakit. Di sinilah peran dari antioksidan, yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Kurkumin dalam temulawak dan kunyit merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Ditambah lagi dengan sifat antiinflamasi di dalamnya, temulawak dan kunyit putih dapat bertindak sebagai imunomodulator yang meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan tinggi juga bisa ditemukan dalam vitamin daya tahan tubuh, seperti Vitalong C (Rp48.500). Baik untuk daya tahan tubuh, Vitalong C mengandung vitamin C 500 mg yang aman dikonsumsi setiap hari.

Meredakan nyeri otot

Temulawak juga bisa meredakan pegal-pegal dan nyeri otot lho, Jovians! Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry tahun 2011, kurkumin menunjukkan dapat mencegah rasa sakit dengan mencegah inflamasi tertentu pada sel tendon manusia.

Temulawak juga dikenal luas sebagai penambah stamina tubuh, dengan membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.

Mencerahkan kulit dan mencegah munculnya jerawat

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kunyit putih dan temulawak juga berperan dalam kecantikan kulitmu. Apa saja manfaat temulawak dan kunyit putih untuk kecantikan? Melansir dari Healthline, kandungan antioksidan dalam kunyit bisa buat kulitmu mencerahkan warna kulit sekaligus membuat wajahmu glowing alami. Sementara itu, sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalam masker kunyit juga bisa membasmi bakteri penyebab jerawat.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa minyak esensial kunyit dalam formulasi lotion dapat mencerahkan kulit dalam waktu tiga minggu dengan hasil yang bertahan lama. Efek ini juga bisa kamu dapatkan dari masker kunyit yang dicampur dengan bahan alami lainnya seperti yogurt dan madu untuk berikan kelembapan ekstra.

Demikianlah sejumlah manfaat temulawak dan kunyit putih untuk kesehatan. Sederet khasiat kunir putih dan temulawak ini bisa juga kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen seperti Herbana Relief Sari Kunyit (Rp64.685) yang bisa dibeli lebih hemat dan gratis ongkir di Jovee. Mengandung ekstrak kunyit asli, mengonsumsi suplemen ini setiap hari dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh.

Dapatkan informasi lainnya seputar kesehatan hanya di Jovee, pusat vitamin dan suplemen personalmu. Unduh juga aplikasinya di AppStore dan PlayStore untuk dapatkan notifikasi promo spesial setiap bulannya.