Gaya Hidup Sehat

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Written by Kita Bersama · 2 min read >

Nanas adalah salah satu buah tropis dengan rasa yang enak dan segar. Sayangnya, pada sebagian orang, konsumsi nanas menyebabkan lidah terasa gatal. Apa penyebab lidah terasa gatal setelah makan nanas? Berikut penjelasan lengkap terkait lidah terasa gatal setelah makan nanas. Yuk, simak selengkapnya!

Kandungan nutrisi buah nanas

Tergabung dalam famili Bromeliaceae, buah asli Amerika Selatan ini telah dibudidayakan selama berabad-abad. Buah ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus, dan banyak orang yang menyukai rasanya yang segar.

Konsumsi nanas juga sangat baik bagi kesehatan, dengan kandungan nutrisi sebagai berikut:

Penyebab lidah terasa gatal setelah makan nanas

Melansir dari Spoon University, penyebab lidah terasa gatal setelah makan nanas bukan karena asam yang terkandung di dalamnya, melainkan enzim bromelain, enzim yang mencerna protein. Pada saat kamu makan nanas, enzim bromelain ini akan mencerna kulit lembut di dalam mulut.

Bromelain paling banyak ditemukan di bagian batang nanas. Dalam bentuk suplemen, bromelain diyakini punya sifat anti-inflamasi. Meski begitu, tubuh kita yang luar biasa ini dengan cepat meregenerasi kulit baru dan menyembuhkan sel mulut yang rusak.

Sementara itu, enzim bromelain ini sebenarnya baik bagi pencernaan lho, Jovians! Dalam usus, enzim ini membantu pertumbuhan bakteri baik sekaligus membantu memecah protein lebih cepat sehingga dapat mengurangi gejala sembelit dan rasa mual.

Penyebab lidah terasa gatal setelah makan nanas lainnya bisa juga disebabkan oleh alergi nanas. Lidah terasa gatal umumnya bersifat semntara, dan bisa dicegah dengan beberapa cara. Namun, jika gatal berlangsung lama dan menjalar, mungkin kamu salah satu orang yang alergi dengan buah nanas, Jovians.

Reaksi awal dari alergi nanas adalah gatal, dapat disertai dengan biduran, kemudian disusul dengan gejala pencernaan seperti sakit perut, muntah, dan diare. Dilansir dari Healthline, gejala alergi nanas lainnya meliputi:

  • Pembengkakan pada wajah, lidah, tenggorokan, dan bibir
  • Kesulitan bernapas
  • Kemerahan pada wajah
  • Gatal-gatal yang intens
  • Sembelit
  • Sinus macet
  • Ada rasa logam di mulut
  • Pusing dan kehilangan kesadaran
  • Syok anafilaksis

Anafilaksis adalah keadaan darurat medis. Segera cari bantuan jika kamu alami kesulitan bernapas setelah konsumsi nanas ya, Jovians. Umumnya, jika kamu alergi pada serbuk pohon atau bunga, besar kemungkinan kamu juga punya alergi pada nanas.

Cara mencegah lidah gatal setelah makan nanas

Kamu suka makan nanas tapi khawatir dengan rasa gatal yang bikin tak nyaman? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rasa gatal setelah makan nanas kok, Jovians!

Enzim bromelain yang jadi penyebab lidah gatal ini diketahui paling banyak ditemukan pada bagian batang atau inti nanas. Sehingga, cuma konsumsi daging terluar nanas saja dapat meminimalisir rasa gatal yang muncul.

Cara mencegah lidah gatal setelah konsumsi nanas yakni dengan melumuri nanas dengan garam, kemudian bilas garam hingga bersih. Enzim bromelain akan larut dengan garam, sehingga potensi lidah gatal setelah makan nanas dapat berkurang.

Selain itu, kamu bisa menjadikan nanas bahan masakan jika benar-benar ingin menghilangkan seluruh enzim bromelain di dalamnya, karena panas mendenaturasi (memecah struktur protein) dalam bahan makanan apa pun.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan

Konsumsi buah dan sayuran apa pun sebagai bagian dari pola makan sehat telah diketahui punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk konsumsi buah nanas. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini sejumlah manfaat buah nanas untuk kesehatan.

Baik untuk kulit

Kaya akan antioksidan vitamin C, konsumsi buah nanas dapat membantu melawan kerusakan pada sel-sel kulit dari paparan sinar matahari, mengurangi kerutan, dan meningkatkan kesehatan tekstur kulit, lho! Vitamin C dalam nanas juga penting dalam pembentukan kolagen, yang merupakan protein utama dalam jaringan kulit yang sehat.

Selain dari buah nanas, kamu juga bisa dapatkan vitamin C dari suplemen seperti Vitalong C (Rp38.500) yang bisa dibeli dengan harga spesial lebih hemat di Jovee.

Antiinflamasi

Sejumlah studi menemukan bahwa enzim bromelain yang banyak ditemukan dalam nanas dapat membantu mengurangi pembengkakan, memar, mempercepat waktu penyembuhan, dan mengurangi rasa sakit terkait dengan cedera dan bekas luka.

Tingkatkan kesuburan

Makanan kaya antioksidan terbukti dapat meningkatkan kesuburan. Karena radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, makanan yang kaya akan antioksidan tinggi seperti nanas dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai penyebab lidah terasa gatal setelah makan nanas. Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat suplemen dan vitamin personalmu.