Kesehatan

Apakah GERD Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya

Written by Kita Bersama · 1 min read >

Gastroesophageal reflux disease atau GERD adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi kinerja otot antara kerongkongan dan perut. Salah satu gejalanya adalah sakit atau nyeri pada ulu hati. Apakah GERD bisa sembuh secara total?

GERD tergolong penyakit kambuhan. Untuk mengatasinya, biasanya penderita GERD bisa melakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Namun, jika sudah parah, ada juga yang membutuhkan operasi atau pembedahan. Apakah GERD bisa sembuh? Berikut penjelasannya.

Pengobatan GERD untuk Menghilangkan Gejala

Pengobatan GERD sebenarnya dilakukan untuk menghilangkan gejala, seperti rasa sakit atau nyeri. Agar GERD bisa benar-benar sembuh, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengatasi penyebabnya. 

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang bisa memastikan cara untuk menyembuhkan GERD secara total. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah GERD bisa sembuh, Anda perlu memahami beberapa fakta tentang GERD berikut:

Sekresi asam lambung menurun seiring pertambahan usia. Diketahui lebih dari 30 persen pria dan perempuan yang berusia di atas 60 tahun mengalami gastritis, yaitu kondisi yang ditandai dengan sedikit atau tidak adanya sekresi asam. Penelitian lain bahkan menemukan bahwa 40 persen perempuan di atas usia 80 tahun tidak menghasilkan asam lambung sama sekali.

2. Gejala GERD meningkat seiring bertambah usia

Seiring bertambahnya usia, maka gejala GERD juga akan meningkat. Jumlah asam di kerongkongan akan menyebabkan masalah GERD. Hal ini disebabkan oleh lapisannya yang halus tidak terlindungi dari asam seperti lapisan lambung. Perlu diingat, berkurangnya gejala tidak berarti penyebab utama GERD sudah teratasi. Penggunaan obat-obatan hanya untuk mengurangi gejala, bukan mengatasi penyebab utama sepenuhnya.

GERD, Penyakit yang Kompleks

Sembuh tidaknya penderita GERD bergantung pada tingkat keparahannya. Jika perubahan pola makan dan gaya hidup belum bisa mengatasi GERD sepenuhnya, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Pada sebagian kasus GERD, penderita juga diresepkan obat untuk mengontrol episode refluks.

Bagi penderita GERD yang parah, ketika ada masalah struktural di kerongkongan, maka prosedur pembedahan untuk memperbaiki sfingter esofagus mungkin diperlukan. Prosedur tersebut bertujuan untuk mengatasi penyebab struktural penyakit GERD, sehingga bisa membantu menyembuhkan GERD secara total.

Pada dasarnya, GERD merupakan penyakit yang bersifat kompleks dengan banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Jika penyebab utamanya tidak diobati, maka proses penyembuhan GERD akan lebih sulit, bahkan bisa memperburuk kondisi penderita. Oleh karena itu, diperlukan komitmen dan kedisiplinan penderita GERD untuk menerapkan pola makan yang tepat dan gaya hidup sehat, di samping obat-obatan, untuk mengatasi penyakit ini.

Cara untuk Menyembuhkan GERD

Menerapkan gaya hidup sehat bisa membantu menyembuhkan GERD. Berikut beberapa kebiasaan positif yang bisa Anda terapkan:

  1. Menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung, seperti alkohol, makanan pedas dan berlemak, kopi, susu, mint, dan cokelat.
  2. Mengonsumsi makanan yang baik untuk asam lambung, sayuran hijau, daging tanpa lemak, pisang, apel, oatmeal, dan roti gandum.
  3. Berhenti merokok.
  4. Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi.
  5. Memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-9 jam setiap malam.
  6. Tidak berbaring atau tidur setidaknya dalam waktu 2 hingga 3 jam setelah makan.
  7. Melakukan teknik relaksasi, seperti yoga atau meditasi, untuk mengendalikan stres dan gangguan kecemasan.