Bisnis

Blue Ocean Strategy Adalah Skema Pemasaran Pasifis

Written by Kita Bersama · 4 min read >

Jestesmyrazem.org – Strategi adalah salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Di mana, dengan menerapkan strategi tertentu, kamu bisa mengarahkan bisnis ke jalur yang diinginkan. Dalam bisnis sendiri, ada banyak strategi yang digunakan dengan mengacu pada jenis bisnis yang dipilih. Salah satunya adalah blue ocean strategy yang diperkenalkan oleh W Chan Kim serta Renée Mauborgne.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan blue ocean strategy dan seberapa besar dampaknya bagi bisnis? Daripada penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Blue Ocean Strategy

Pada dasarnya, blue ocean strategy adalah istilah bisnis yang menggambarkan sebuah kondisi pasar atau market dengan kompetisi atau tantangan yang minim bagi pebisnis. Strategi ini dapat dilakukan dengan membuat terobosan atau inovasi pada bisnis untuk meraih segmen pasar yang baru, sehingga kamu dapat menjadi pemain utama pada segmen pasar tersebut.

Strategi ini akan memacu kamu sebagai pemilik usaha, untuk membuat inovasi yang dapat membuka peluang pasar baru, yang belum terpikirkan oleh kompetitor-kompetitor.

Dengan begini, kamu bisa menjalankan bisnis tanpa perlu bersaing dengan kompetitor. Malahan, bisnismu dapat menjadi pemain utama dalam pasar terebut.

Selain itu, blue ocean strategy juga bisa diterapkan di semua sektor maupun bisnis secara tidak terbatas hanya satu jenis saja. Kebalikan dari konsep blue ocean industries yaitu red ocean industries yang justru menjadi pemain utama dalam target pasar yang diperebutkan.

Kelebihan dan Kekurangan Konsep Blue Ocean Strategy

Sebelum memutuskan untuk menggunakan blue ocean strategy pada bisnis, ada sejumlah hal penting yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu kelebihan dan kekurangan dari konsep blue ocean strategy itu sendiri.

Apa saja?

Kelebihan Blue Ocean Strategy

  • Dapat keluar dari pasar yang sudah ramai dan menciptakan pasar baru.
  • Ada peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam pasar yang baru.
  • Dapat menjadi top of mind atau pemain utama dalam pasar yang baru tercipta.

Di samping sejumlah kelebihan yang ditawarkan, blue ocean strategy juga memiliki sejumlah kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan kamu dan mengatisipasi hal apapun yang terjadi sebelum memilihnya.

Kekurangan Blue Ocean Strategy

  • Menemukan ide yang inovatif, atau mengidentifikasi pasar yang belum banyak pesaing adalah hal yang cukup sulit dilakukan.
  • Membutuhkan banyak kesabaran, ketekunan, kepercayaan, keyakinan, hingga persiapan dalam melihat melihat indikator awal.
  • Membutuhkan edukasi terhadap pelanggan agar dapat memahami produk yang dijual.

Empat Kerangka Blue Ocean Strategy

Untuk mewujudkan Blue Ocean Strategy melalui inovasi, terdapat 4 kerangka kerja yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Hapuskan: Faktor atau aspek apa yang harus dihapuskan dari faktor atau aspek yang sudah ada atau diterima begitu saja di indsutri saat ini?
  2. Kurangi: Faktor atau aspek apa yang harus dikurangi hingga di bawah standar industri?
  3. Tingkatkan: Faktor atau aspek apa yang harus ditingkatkan di atas standar industri?
  4. Ciptakan: Faktor atau aspek apa yang belum pernah ditawarkan oleh industri saat ini, sehingga kamu perlu menciptakannya?

Cara Membuat dan Mengembangkan Blue Ocean Strategy

Dalam buku Blue Ocean Shift, terdapat 5 langkah untuk membuat dan mengembangkan Blue Ocean Strategy, yaitu:

1. Pilih bidang yang tepat untuk Blue Ocean Strategy yang akan kamu jalankan

Pilihlah titik untuk mulai. Lakukan ini dengan mengidentifikasi pasar dan produk atau layanan yang akan kamu tawarkan. Jika sudah, buatlah tim yang tepat untuk menjalankan strategi ini.

2. Pahami kondisimu saat ini

Setelahnya, pahamilah kondisimu, tim, dan juga bisnismu pada saat ini. Apakah kelebihan dan kelemahan timmu? Bagaimana juga strategi kamu saat ini?

Pada tahap ini, penting bagimu untuk memiliki strategi yang tepat dalam mendapatkan pembeli atau pelanggan untuk bisnis yang akan kamu tawarkan. Jangan sampai strategi yang kamu terapkan justru menjadi sama dengan kompetitor-kompetitor, karena dengan begini, kamu malah akan menjurus pada Red Ocean Strategy.

3. Identifikasi tantangan yang bisa kamu ubah menjadi peluang

Agar Blue Ocean Strategy kamu sukses, kamu perlu memiliki visi yang jelas. Pada fase ini, penting bagi kamu untuk menemukan ‘paint point‘, atau masalah-masalah spesifik yang dialami oleh calon pelangganmu.

Bagi strategi ini, pain points adalah peluang tersembunyi yang memungkinkan kamu untuk melangkah keluar dari kompetisi pasar yang jenuh dan menawarkan solusi baru bagi permasalahan yang dialami oleh pelanggan.

Sesudahnya, kamu dapat memahami non-customer atau segmen pasar yang tidak menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan, serta alasan mengapa mereka tidak menggunakan produk atau layanan tersebut.

4. Mulai siapkan alternatif blue option

Jika sudah menerapkan 3 langkah di atas, maka kini kamu dan tim kamu sudah siap untuk menciptakan alternatif blue option yang praktis, beda dari yang lain, dan juga menawarkan harga yang kompetitif.

Ini berarti, kamu harus menciptakan sebuah proses sistematis untuk merekonstruksi ulang batasn-batasan pasar dan menciptakan segmen pasar yang baru.

5. Luncurkan blue ocean strategy kamu

Cara membuat blue ocean strategy yang ke-5 dan terakhir adalah poin di mana kamu akan belajar memilih blue ocean move atau langkah blue ocean mana yang akan kamu lakukan, menguju cobanya di pasar, dan memperbaikinya untuk memaksimalkan potensinya.

Contoh Industri dengan Keberhasilan Menerapkan Blue Ocean Strategy

Untuk meyakinkan keputusan mengenai keberhasilan dalam penerapan blue ocean strategy, kamu bisa melihat sejumlah contoh industri yang mampu berhasil dan berkembang dalam menerapkan blue ocean strategy. Adapun sejumlah industri yang berhasil menerapkan blue ocean strategy adalah sebagai berikut:

Gojek

Gojek menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia saat ini yang berhasil dalam menerapkan blue ocean strategy. Di mana, Gojek menciptakan aturan pasar sendiri dan membuat kompetisi sendiri sehingga menjadikan blue ocean strategy sebagai strategi bisnis paling ampuh.

Penerapan blue ocean strategy yang berhasil pada Gojek ini memberikan dampak besar bagi perekonomian di Indonesia.

 iTunes

Menjadi ruang musik digital yang diciptakan Apple, iTunes menjadi produk unik dan terkemuka pada tahun 2003 yang menerapkan blue ocean strategy. Di mana, waktu-waktu sebelumnya, media konvensional seperti CD digunakan dalam menyebarkan maupun mendengarkan musik. Ketika iTunes masuk ke pasar, maka permasalahan dasar tersebut terpecahkan khususnya pada industri rekaman.

Musik berkualitas tinggi dan harga terjangkau menjadi kelebihan Apple hingga dibicarakan di seluruh dunia. Di mana, semua produk Apple menghadirkan iTunes yang memungkinkannya untuk mengunduh musik hingga membantu perkembangan musik digital sampai saat ini.

Pada dasarnya, menerapkan strategi ini memang dibutuhkan persiapan secara tepat. Di mana, langkah menciptakan pasar baru dengan menerapkan blue ocean strategy bukanlah perkara mudah.

Dibutuhkan kerja keras, data tajam, serta modal yang cukup besar. Akan tetapi, sebanding dengan keberhasilannya karena akan ada potensi jika produk maupun bisnis menciptakan kebutuhan baru yang memiliki nilai keuntungan tinggi.

Strategi dalam berbisnis memang penting dan sama halnya strategi dalam merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang melalui investasi. Salah satu instrumen investasi yang dapat dipilih untuk mewujudkan hal tersebut adalah saham. Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi Ajaib Sekuritas di smartphone.

Media investasi online yang satu ini bisa membantu kamu berinvestasi di instrumen saham secara aman dan mudah. Download aplikasi Ajaib Sekuritas di smartphone kamu untuk memulai investasi sekarang.

Pertanyaan Seputar Blue Ocean Strategy

Apa yang dimaksud dengan Blue Ocean Strategy?

Blue Ocean Strategy adalah istilah bisnis yang menggambarkan sebuah kondisi pasar atau market dengan kompetisi atau tantangan yang minim bagi pebisnis.

Apa 4 langkah Blue Ocean Strategy?

4 langkah Blue Ocean Strategy, menurut Kim dan Mauborgne, adalah Hapuskan, Kurangi, Tingkatkan, dan Ciptakan.

Contoh bisnis apa yang berhasil menerapkan Blue Ocean Strategy?

Ada beberapa bisnis yang berhasil menerapkan Blue Ocean Strategy, seperti Netflix, Gojek, dan iTunes.