Bisnis

Brand Awareness Adalah: Ini Cara Meningkatkannya

Written by Kita Bersama · 2 min read >

Jestesmyrazem.org – Dalam menjalani bisnis, sejumlah strategi perlu dilakukan termasuk dalam menggaet konsumen. Salah satu caranya dengan meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek.

Brand awareness adalah kesadaran konsumen untuk mengenali sebuah merek atau brand produk tertentu, dengan memiliki peran utama untuk meningkatkan ingatan dan kesadaran konsumen terhadap sebuah merek. Semakin tinggi tingkat kesadaran merek yang dimiliki konsumen atas sebuah merek, makin besar juga potensi merek tersebut dibeli dan digunakan oleh konsumen.

Oleh karena itu, brand awareness sangat penting untuk ditanamkan dalam ingatan dan kesadaran konsumen. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan niat beli konsumen terhadap suatu produk.

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness adalah sebuah istilah yang menggambarkan seberapa besar sebuah merek dikenal oleh konsumen, dan sejauh mana merek tersebut dikaitkan dengan sebuah produk atau kategori produk. Misalnya, ketika kamu mendengar kata ‘pasta gigi’, mungkin ada sebuah merek yang pertama kali muncul dalam pikiran kamu.

Karena itu, penting bagi kamu sebagai pelaku usaha untuk membangun brand awareness saat kamu sedang merintis usaha.

Manfaat Brand Awareness

Peran utama dari brand awareness adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap sebuah merek. Hal ini dilakukan dalam rangka melakukan perluasan pemasaran produk.

Mengapa perlu dilakukan? Karena brand awareness bisa memengaruhi persepsi dan tingkah laku konsumen terhadap suatu merek dengan harapan sebuah merek tersebut bisa dikenali dan diingat oleh para konsumen. Sehingga pada akhirnya konsumen bisa selalu menjadikan merek tersebut sebagai pilihan utamanya dalam mencari dan membeli produk.

Selain untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan sebuah merek, brand awareness pun mempunyai manfaat lain dalam meningkatkan nilai sebuah produk, jasa, dan perusahaan itu sendiri.

Dari penjelasan tersebut, dapat diartikan bahwa eksistensi sebuah merek dari produk, jasa, hingga perusahaan sangat bergantung pada kesadaran merek tersebut

Selain itu, manfaat lainnya ialah untuk meningkatkan penjualan produk. Apabila sebuah brand mempunyai branding yang bagus, maka hal ini bisa meningkatkan tingkat penjualan produk yang pada akhirnya memberikan keuntungan bagi perusahaan. Walaupun dengan tingkat harga yang dinaikkan sekalipun, jika pelanggan sudah memiliki kepercayaan yang besar terhadap produk, maka mereka akan tetap bersedia untuk membeli produk tersebut. 

Kamu pun dapat meningkatkan penjualan dengan meningkatkan brand identity sebuah merek. Hal ini bisa dilakukan mulai dari packaging produk, partnership, hingga dukungan dari pelanggan yang sudah melakukan pembelian berulang atau repurchase terhadap produk maupun jasa milikmu.

Tentunya manfaat dari meningkatkan kesadaran merek adalah hal yang sangat penting dilakukan bagi bisnis untuk bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jika kamu bisa melakukan branding dengan cara yang betul, baik dan profesional maka kamu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Bahkan juga bisa menumbuhkan kepercayaan bagi pelanggan baru.

Pada dasarnya, jika kesadaran merek ini mampu ditingkatkan dengan benar, maka fungsi brand awareness ini ialah sebagai pembentuk asosiasi. Asosiasi yang dimaksud ini bisa dibedakan menjadi dua jenis di antaranya, pertama membuat orang memikirkan brand ketika mereka menemukan kategori produk atau jasa dan kedua membuat konsumen mau untuk menggunakan brand atau merek untuk menyampaikan kategori produk.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Branding dan Marketing

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness pada merek sebuah produk ataupun jasa harus dibangun dan ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk pengembangan bisnis. Berikut beberapa cara meningkatkan kesadaran merek yang perlu kamu ketahui dan pahami.

1. Fokus pada positioning dan personalities

Setiap brand atau pun merek pastinya memunyai positioning dan personalities-nya masing-masing. Hal ini perlu dimiliki dalam upaya untuk meningkatkan brand awareness. Sebagai pengusaha, kamu perlu mengusahakan untuk menetapkan positioning dan personalities yang sesuai dengan merek bisnis yang kamu jalani.

2. Utamakan produk

Cara melakukan peningkatan brand awareness selanjutnya ialah dengan memfokuskan dan mengutamakan produk itu sendiri. Dengan fokus pada membuat nilai merek yang memiliki nilai unik, menarik, bahkan membuat pelanggan memiliki persepsi yang baik terhadap merek bisnismu tersebut. Sehingga para konsumen ini akan berbagi secara sukarela tentang merek bisnismu kepada orang lain atau calon konsumen.

3. Bekerja sama dengan brand terkenal

Metode yang terbaik untuk meningkatkan brand awareness lewat melakukan kerja sama dengan merek yang telah lebih dulu dikenal oleh pelanggan dengan baik. Melakukan kerja sama dengan brand terkenal yang dimaksud ini seperti, public figure, perusahaan, influencer dan lain sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan dan sasaran perusahaan atau bisnis

4. Memanfaatkan media sosial

Tentunya memanfaatkan media sosial sudah menjadi keharusan dalam menjalankan bisnis, utamanya meningkatkan brand awareness. Karena media sosial menjadi aplikasi yang banyak diakses oleh para konsumen dan calon konsumen.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis kamu harus memanfaatkan tren tersebut untuk membangun brand awareness kepada audiens di media sosial.

5. Menggunakan integrasi inbound dan outbound marketing

Inbound marketing merupakan teknik pull marketing yang menggunakan strategi non intrusive. Hal ini dilakukan seperti penggunaan konten, melakukan pemasaran di media sosial, event marketing, hingga menggunakan search engine optimization (SEO). 

Sementara itu, untuk outbound marketing ialah metode marketing lama yang lebih fokus pada penawaran brand kepada pelanggan. Hal ini contohnya dilakukan dengan cara email marketing, telepon maupun banner iklan konvensional.