Bisnis

5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Cari Uang dari Internet

Written by Kita Bersama · 4 min read >

Jestesmyrazem.org – Di era digital ini, ada banyak cara untuk cari uang dari internet. Namun, selain perlu mengetahui caranya, kamu juga harus melakukan persiapan agar bisa menghasilkan uang dari internet. Apa saja persiapan agar bisa mendapatkan penghasilan dari internet dengan mudah?

Mencari uang atau penghasilan sekarang ini memiliki banyak cara, salah satunya bisa cari uang dari internet. Biasanya, uang yang kamu dapat ini tidak berbentuk uang tunai, melainkan uang digital yang bisa dikonversikan menjadi uang tunai melalui Paypal ataupun rekening bank.

Selain itu, jangan berpikir jika cari uang dari internet hanya sebatas membuka toko online di dalam suatu marketplace. Karena, jenis bisnis online yang bisa dijalankan begitu beragam dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu.

Namun, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa saja hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari internet, ada baiknya kamu perlu tahu hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Hal yang Dibutuhkan untuk Cari Uang di Internet

Untuk mendapatkan penghasilan dari internet, ada beberapa hal yang harus kamu penuhi dulu agar kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih optimal. Hal-hal tersebut di antara lain:

1. Pelajari Internet Lebih Dalam

Internet itu begitu luas, bahkan kamu bisa menemukan banyak hal di dalamnya. Jika kamu hanya mengerti internet untuk hal-hal kasual seperti membuka browser atau mengakses media sosial, berarti kamu butuh lebih mendalami internet.

Pasalnya, untuk mendapatkan penghasilan di internet kamu harus bisa memanfaatkan internet sebaik mungkin. Contohnya saja, mengerti cara agar konten yang kamu buat bisa ada di halaman pertama pada mesin pencari ataupun mengetahui aplikasi-aplikasi micro-tasking untuk menghasilkan uang.

Untuk mempelajari hal-hal tersebut, kamu juga bisa mendapatkan ilmunya dari internet lho. Makannya, semakin kamu paham dengan dunia internet, semakin mudah hidup kamu, termasuk juga dalam mencari uang.

2. Menyiapkan Perangkat Penunjang

Hal paling esensial untuk mencari uang dari internet adalah memiliki koneksi yang mumpuni untuk menunjang aktivitas. Ada beberapa pilihan untuk mendapatkan koneksi internet, antara lain adalah dengan menggunakan kartu SIM dari provider yang ada di Indonesia, ataupun memakai akses WiFi.

Kamu bebas ingin memilih penyedia koneksi internet yang mana, tetapi yang harus diperhatikan, pastikan koneksi yang kamu pilih itu stabil dan cukup kencang agar kegiatan mencari uang di internet kamu lancar.

Selain internet, kamu juga membutuhkan gadget-gadget yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak gadget yang membuat kamu bisa lebih leluasa untuk mendapat penghasilan di internet. Misalnya saja kamera, smartphone, laptop, hingga personal computer (PC).

3. Memiliki Media Sosial

Sekarang ini, berbagai cara untuk menghasilkan uang di internet biasanya terintegrasi dengan media sosial. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan berbagai media sosial agar channel kamu dalam menghasilkan uang secara online ini bisa banyak dan terbuka lebar.

Setidaknya, kamu harus memiliki Gmail baru untuk bisnis yang berbeda dengan Gmail pribadi kamu. Setelah itu, kamu bisa membuat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga YouTube sebagai penunjang kegiatan menghasilkan uang secara online kamu.

4. Siapkan Rekening

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, kamu perlu menyiapkan rekening untuk mendapatkan uang yang kamu hasilkan. Rekening ini baiknya dipisahkan dengan rekening pribadi agar kamu lebih mudah memonitor dan mengaturnya.

Rekening yang perlu kamu miliki juga banyak, tapi yang terutama adalah rekening bank dan PayPal. Selain itu, kamu juga bisa memiliki dompet digital seperti Gopay, Ovo, hingga Dana sebagai pilihan untuk mendapatkan uang.

5. Punya Rekening Bank

Kamu juga harus memiliki rekening bank. Lalu, disarankan untuk dipisahkan dengan rekening yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika kamu berniat untuk mendapatkan uang di internet, jangan lupa untuk membuat akun PayPal agar kamu dapat menerima pembayaran dengan mudah.

Deretan Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Setelah hal-hal krusial tersebut kamu siapkan, kini saatnya kamu mengetahui berbagai cara untuk mendapatkan uang dari internet. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menggunakan Aplikasi Micro-Tasking

Aplikasi micro-tasking merupakan aplikasi yang meminta kamu melakukan beberapa hal yang kemudian akan diberi hadiah berupa uang. Aplikasi-aplikasi ini sudah banyak beredar di toko aplikasi, baik itu Google Play Store untuk Android, ataupun App Store untuk iOS.

Baca Plus dan WHAFF merupakan salah satu aplikasi micro-tasking yang sudah terbukti memberikan pengguna aplikasinya mendapatkan penghasilan. Kedua aplikasi ini tentunya meminta hal untuk dilakukan yang berbeda.

Contohnya saja Baca Plus, setelah kamu registrasi, kamu diminta untuk membaca artikel-artikel yang ada pada Baca Plus. Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi per artikel yang kamu baca. Misal satu artikel dihargai Rp100, maka bila kamu membaca 1000 artikel per hari, kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp100 ribu.

Sebenarnya Micro-tasking ini juga ada yang tidak terdapat di aplikasi, seperti survei online. Namun, prinsipnya sama, kamu diminta melakukan hal-hal tertentu agar bisa mendapatkan imbalan jasa berupa uang.

2. Menjual Hasil Karya Secara Online

Di atas telah disebutkan bahwa mungkin kamu membutuhkan beberapa perangkat penunjang seperti kamera, smartphone ataupun laptop. Nah, perangkat penunjang ini yang membuat kamu bisa menghasilkan karya yang bisa dijadikan uang di internet.

Bila kamu menyukai fotografi, baik itu dengan kamera profesional ataupun kamera smartphone, kamu bisa menjual produk berupa hasil jepretan dan rekaman kepada orang lain. Pasar yang butuh akan hal ini cukup luas lho, karena biasanya industri kreatif memang membutuhkan stock foto atau video sehingga mereka tidak perlu repot-repot melakukannya sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan hasil karyamu tersebut ke dalam situs-situs aggregator seperti shutterstock,istockphoto,hingga fotolia. Selain foto dan video, kamu juga bisa menawarkan desain grafis yang kamu buat.

3. Webinar

Jika kamu merasa memiliki kemampuan di bidang tertentu, kenapa tidak dimanfaatkan saja dan menawarkan jasa untuk menjadi tutor online dalam sebuah web-seminar (webinar). Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamu untuk mendapatkan uang secara online.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk bergabung dengan layanan tutorial online seperti Quipper atau Ruang Guru yang memang telah memiliki nama di bidang ini. Jika kamu bisa masuk ke platform-platform tersebut, setidaknya kamu tidak perlu memusingkan promosi agar webinarmu dilirik oleh calon peserta.

Keuntungan dari melakukan webinar ini, kamu mungkin bisa mendapatkan penghasilan dari internet tanpa modal sepeserpun.

4. Menjadi YouTuber

Perilaku masyarakat di Indonesia mulai bergeser, dari yang awalnya mencari media hiburan dari televisi, sekarang sudah banyak yang beralih ke YouTube. Karena, YouTube dianggap jauh lebih lengkap dan dekat dengan era digital seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, mungkin ini juga saat yang tepat untuk kamu membuat channel YouTube dan mencoba menjadi YouTuber. Jika kamu berhasil dalam monetisasi YouTube, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis selama kamu konsisten meng-upload konten di channel kamu.

Salah satu cara mendapatkan uang di internet ini memang cara yang memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan yang fantastis. Tentunya, kamu perlu untuk mengikuti tren yang ada agar orang-orang yang sedang demam tren tersebut mau mampir ke channel kamu.

Jika kamu merasa enggan untuk membuat konten musiman, kamu bisa mulai memikirkan inovasi untuk konten yang disukai oleh target pasar kamu.

5. Membuat Website

Bagi kamu yang memiliki skill membuat website, kamu bisa coba menjual website kamu ke perusahaan-perusahaan. Saat ini semua perusahaan pasti membutuhkan website, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Dengan adanya website inilah, mereka bisa memberikan informasi dengan jelas mengenai perusahaan mereka, produk yang dijual hingga informasi lainnya seputar bisnis.

Untuk menjual website, kamu bisa coba tawarkan terlebih dulu ke perusahaan kecil untuk memperbanyak portofolio. Dengan adanya portofolio yang banyak dan bagus, maka kamu bisa menjual website ke perusahaan lainnya dengan modal portofolio tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai cara cari uang dari internet yang bisa kamu ikuti. Ingat, sebelum memulainya, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu agar lebih optimal.

Setelah kamu berhasil mendapatkan keuntungan dari internet, pastikan kamu menyisihkan sebagian keuntungan kamu dengan mulai berinvestasi di Ajaib. Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan profit sesuai dengan instrumen investasi yang kamu pilih dan bisa kamu manfaatkan untuk rencana keuangan jangka panjang.

Untuk memulai investasi di Ajaib, kamu hanya perlu download dan daftar rekening reksa dana atau saham di Ajaib. Kamu juga tidak perlu modal yang besar, karena hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu kamu sudah bisa membeli reksa dana di Ajaib, atau Rp100 ribu jika kamu ingin membeli saham.