Gaya Hidup Sehat

Inilah 7 Jenis Olahraga untuk Kecantikan

Written by Kita Bersama · 3 min read >

Kulit sehat dan awet muda tak hanya didapatkan dari perawatan luar, tetapi juga dari dalam. Salah satu cara merawat kecantikan dari dalam adalah dengan berolahraga.

Faktanya, olahraga juga berperan penting untuk kecantikan kulitmu. Karena, dengan berolahraga sirkulasi darah menjadi lebih lancar yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kesehatan kulit.

Oleh sebab itu, mulailah merawat kulit dan tubuh dengan olahraga secara rutin. Berikut 7 jenis olahraga untuk kecantikan kulitmu. Yuk, simak selengkapnya!

1. Yoga

Jenis olahraga untuk kecantikan yang pertama adalah yoga. Kini, yoga telah banyak dipilih sebagai olahraga rutin karena efeknya yang menenangkan. Namun, tahukah kamu rutin melakukan yoga juga berperan dalam mencegah penuaan kulit?

Melansir dari Redeart Yoga Center, yoga punya kemampuan untuk mengurangi stres, membuat rahang dan alis menjadi lebih rileks sehingga dapat mengurangi kerutan secara alami. Stres oksidatif yang mengurangi elastisitas kulit juga menurun dengan rutin melakukan yoga, yang bermanfaat untuk membuat kamu tampil awet muda.

Tak hanya awet muda, yoga juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang juga turut andil dalam tekstur dan kondisi kulit yang lebih baik.

2. Olahraga kardio

Melakukan olahraga kardio seperti skipping, burpee, dan jumping jacks tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar dan bentuk yang ideal, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan kulitmu.

Peterson Pierre, seorang dermatologi, dilansir dari Byrdie menjelaskan, “Olahraga tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah yang memberi nutrisi pada kulit, tetapi juga membuang limbah tubuh dan radikal bebas sehingga melindungi kulit dari kerusakan yang lebih parah.”

“Sementara itu, olahraga kardio intensitas tinggi (HITT) telah terbukti memiliki efek anti-aging dengan meningkatkan aktivitas telomerase, enzim yang bertanggung jawab untuk melindungi DNA yang mengarah pada pertumbuhan dan regenerasi sel yang lebih baik,” tambahnya.

3. Pilates

Pernah mendengar olahraga yang satu ini? Pilates adalah perkembangan dari olahraga yoga, yang berfokus pada perut, pinggang, panggul, dan paha. Termasuk dalam jenis olahraga untuk kecantikan, pilates dapat membuat bentuk badanmu lebih ideal dengan memperbaiki postur tubuh.

Sama seperti olahraga untuk kecantikan lainnya, pilates juga membantu melancarkan peredaran darah yang memberi efek glowing pada kulit dan mengurangi inflamasi.

4. Jogging atau jalan cepat

Pori-pori yang tersumbat adalah penyebab umum dari munculnya jerawat. Jogging dapat membuat pompa jantung menjadi lebih cepat yang meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menghasilkan keringat dan membuka pori-pori kulitmu.

Keringat yang dikeluarkan membawa kotoran, sebum, dan racun ke permukaan. Dengan begitu, pori-pori menjadi lebih bersih dan terbebas dari jerawat.

Di sisi lain, jogging juga bisa menyamarkan selulit kamu lho, Jovians! Selulit muncul karena jumlah lemak yang tinggi dalam tubuh. Jogging secara teratur mengencangkan otot dan kulit, sehingga tampilan selulit dapat disamarkan.

5. Berenang

Kamu suka berenang? Selain menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar, berenang juga bisa membuat kamu tampil awet muda.

Sebuah penelitian oleh Joel Stager, Direktur Councilman Center for the Science of Swimming Universitas Indiana, mengungkapkan bahwa perenang biasanya memiliki fungsi fisiologis yang membuat mereka 20 tahun lebih muda.

Selain itu, berenang adalah salah satu olahraga yang paling banyak membakar kalori dan menguatkan setiap otot tubuh. Maka dari itu, berenang secara rutin dapat membuat penampilan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

6. Squat

Squat juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk kecantikan yang dapat dilakukan di rumah. Melansir dari Red Book Mag, squat selama 10 menit sangat efektif untuk membuat wajah terlihat awet muda. Pasalnya, olahraga ini membuat otot dan tulang yang lebih kencang dan kuat.

Squat rutin juga berperan dalam bentuk tubuh yang lebih ideal, dengan mengencangkan otot dan membakar kalori yang memungkinkan untuk mengurangi berat badan kamu.

7. Latihan angkat beban

Olahraga untuk kecantikan yang terakhir adalah latihan angkat beban. Olahraga ini cocok untuk kamu yang rutin olahraga di gym atau pusat olahraga lainnya. Tak hanya otot yang kuat dan tubuh kencang, angkat beban merupakan cara yang efektif untuk membakar kalori, memperkuat tulang, hingga menjaga kesehatan kulitmu.

Latihan angkat beban mampu mengurangi tingkat stres yang dapat memengaruhi kulit. Namun, jika kamu belum pernah latihan angkat beban, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau personal trainer kamu untuk mencegah cedera.

Itulah 7 jenis olahraga untuk kecantikan yang dapat kamu coba. Selain olahraga, maksimalkan juga perawatan kulitmu dari dalam dengan Beaudelab Premium Collagen Drink (Rp142.593) yang bisa diperoleh dengan gratis ongkir di Jovee.

Beaudelab Premium Collagen Beauty Drink adalah minuman kolagen untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Diformulasikan khusus oleh para nutrisionis dan scientist, dapatkan kulit yang lebih cerah, glowing, dan bebas dari jerawat sejak 14 hari pemakaian.

Dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat suplemen terlengkap. Unduh juga aplikasinya di sini dan ikuti kuisnya untuk dapatkan rekomendasi vitamin harian personalmu.