Gaya Hidup Sehat

Intip 5 Cara Membuat Kulit Wajah Kenyal dan Lembab Berikut Ini

Written by Kita Bersama · 3 min read >

Kulit yang terasa kenyal, lembab, dan terhidrasi dengan baik adalah tanda-tanda kulit wajah yang sehat dan terawat. Seiring bertambahnya usia, perawatan kulit yang lebih intensif diperlukan karena kondisi kulit yang mulai menurun.

Oleh karena itu, merawat kulit sejak dini disarankan untuk mempertahankan kulit yang sehat dan kenyal. Sebenarnya, untuk mempertahankan kekenyalan dan kelembapan kulit tidak sulit kok, Jovians. Lalu, bagaimana cara membuat kulit wajah kenyal dan lembab? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Double cleansing

Pernah mendengar metode membersihkan wajah yang satu ini? Double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda.

Tahap pertama adalah membersihkan wajah menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, seperti cleansing oil, milk cleanser, atau yang berbahan dasar air seperti micellar water.

Setelah tahap pertama, tahap kedua adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah atau facial wash. Dengan melakukan dua tahap pembersihan wajah ini, wajah akan menjadi lebih bersih dan mencegah munculnya jerawat.

Ternyata, double cleansing merupakan tahap awal dan esensial untuk kulit yang lembab dan kenyal, Jovians. Karena double cleansing membantu menyeimbangkan pH kulit, yang menjaga kelembapan dengan membasmi kotoran, minyak, dan polusi dari wajahmu.

Oleh karena itu, melakukan double cleansing setiap harinya penting sekali agar kulitmu tetap lembab dan kenyal. Perhatikan juga jenis facial wash yang kamu gunakan, pastikan untuk memilih facial wash yang lembut untuk mengurangi gesekan berlebih antara tangan dan wajah. Kamu bisa gunakan La Roche Posay Effaclar Purifying Foaming Gel Cleanser (Rp179.205) yang dapat membersihkan kulit berminyak dengan lembut tanpa membuat kulit kering.

Gunakan pelembab

Agar kulit wajah kenyal dan lembab, kamu perlu mengunci hidrasi kulit dengan pelembab (moisturizer) yang tepat pada pagi dan malam hari. Mengaplikasikan pelembab tentunya punya pengaruh yang besar dalam kelembapan dan kekenyalan kulitmu. Mengapa begitu? Karena, moisturizer yang tepat akan ‘menahan’ air pada kulit, yang menghindari kekeringan, iritasi, dan kemerahan pada kulit wajah.

Menjaga hidrasi kulit dengan pelembab wajah diperlukan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun. Kamu yang punya kulit berminyak pasti berpikir bahwa pelembab hanya akan memperparah produksi minyak wajah, bukan? Padahal, produksi minyak wajah justru menjadi lebih parah saat kulit dehidrasi.

Minyak atau sebum pada wajah tidak berfungsi untuk melembabkan, melainkan untuk membantu kinerja skin barrier kulitmu. Kulit yang berminyak bukan berarti kulitmu telah terhidrasi dengan baik.

Pilihlah pelembab wajah yang ringan, cepat meresap, dan tidak menimbulkan komedo untuk kulit berminyak seperti Somethinc Ceramic Skin Savior Moisturizer Gel (Rp168.826). Cocok digunakan untuk kulit berminyak, aman digunakan mulai dari usia 13 tahun dan juga ibu hamil.

Rutin masker wajah

Cara membuat kulit wajah kenyal dan lembab selanjutnya adalah dengan rutin melakukan masker wajah. Masker wajah atau face mask merupakan cara cepat dan mudah untuk dapatkan kulit wajah yang lembab dan kenyal. Tersedia dalam berbagai jenis yang disesuaikan dengan jenis kulit dan usia, masker wajah punya banyak sekali manfaat bagi kulitmu lho, Jovians.

Masker wajah dapat memberi kelembapan sekaligus mempertahankan hidrasi wajah. Pada masker wajah tipe sekali pakai seperti sheet mask, cairan serum dari masker dapat menyerap jauh ke dalam lapisan kulit yang meningkatkan elastisitas sehingga kulit menjadi lebih lembab dan kenyal.

Membuat masker wajah alami juga bisa jadi cara agar wajah lembab dan bersih yang mudah dan murah. Campuran madu, yogurt, dan aloe vera yang punya efek alami melembabkan, bisa kamu lakukan dua hingga tiga kali seminggu untuk dapatkan kulit yang lembab dan kenyal.

Tak hanya melembabkan, rutin masker wajah juga dapat mencerahkan warna kulit, menghaluskan tekstur wajah, hingga memperkuat skin barrier kulitmu.

Gunakan alat kecantikan wajah

Efektivitas rangkaian skincare dapat dimaksimalkan dengan alat kecantikan lho, Jovians! Selain membantu skincare menyerap lebih maksimal, alat kecantikan juga menjadi cara agar wajah lembab dan bersih menyeluruh.

Ada banyak alat kecantikan yang bisa kamu coba, seperti facial cleansing brush, facial roller, hingga gua sha yang juga membantu membuat kulit menjadi lebih kencang dan melancarkan aliran darah di wajah.

Untuk melembabkan dan membuat wajah lebih kenyal, kamu bisa coba gunakan face steamer. Dilansir dari Healthline, menggunakan face steamer bisa meningkatkan aliran darah yang menyebabkan produksi kolagen meningkat. Hasilnya, kulitmu menjadi lebih kenyal, lembab, dan awet muda.

Konsumsi suplemen kulit

Cara membuat kulit wajah kenyal dan lembab yang terakhir adalah mengonsumsi suplemen kulit. Ada sejumlah vitamin yang dikenal akan khasiatnya dalam menunjang kulit yang sehat, seperti vitamin E, vitamin C, kolagen, coenzym Q10, hingga evening primrose oil.

Sejumlah kandungan vitamin kulit ini bisa kamu temukan dalam Blackmores Radiance Marine Q10 (Rp387.343). Mengandung coenzym Q10, ekstrak kolagen ikan laut, dan vitamin E alami, konsumsi vitamin kulit ini secara rutin bisa membantu kamu untuk dapatkan kulit yang kenyal dan lembab.