Gaya Hidup Sehat

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Written by Kita Bersama · 2 min read >

Pernah mendengar buah yang satu ini? Buah lingonberry memang kurang populer di masyarakat, tapi manfaatnya bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebenarnya, apa sih buah lingonberry itu dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut!

Lingonberry: buah kecil yang kaya nutrisi

Tumbuh di negara empat musim seperti kawasan Eropa dan Amerika Utara, tampilan buah lingonberry sekilas cukup mirip dengan cranberry. Berukuran kecil, berwarna merah, dan memiliki rasa yang asam.

Buah ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Diketahui dalam 100 gram buah lingonberry, terkandung 3,2 mg mangan, 2,4 mg vitamin B5, 11 mg vitamin C, 3,7 g serat, 11,5 g karbohidrat, dan masih banyak lainnya.

Makanya, buah ini termasuk dalam jenis buah super karena kandungannya yang mengandung berbagai zat gizi untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat buah lingonberry bagi kesehatan?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah khasiat yang bisa didapatkan dari konsumsi buah lingonberry.

1. Kaya akan antioksidan

Seperti yang kamu tahu, antioksidan punya banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari daya tahan tubuh hingga kecantikan kulit bisa dibantu dengan asupan antioksidan yang cukup.

Secara nutrisi, buah lingonberry dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan mengonsumsi seporsi buah lingonberry (kira-kira sebanyak 100 gram) saja, asupan harian untuk kebutuhan mangan sudah terpenuhi hingga 139%.

Kandungan lainnya dari lingonberry yang juga berperan sebagai antioksidan yakni vitamin C & vitamin E, juga flavonoid dan anthocyanin yang berperan sebagai agen antiinflamasi.

2. Pencernaan yang lebih sehat

Menjaga kesehatan pencernaan merupakan salah satu dari manfaat buah lingonberry yang bisa kamu dapatkan. Bakteri dan mikroba lain yang terdapat dalam pencernaan merupakan faktor kunci dalam kesehatan lho, Jovians. Karena apa pun yang kamu makan akan berdampak besar pada susunan bakteri baik dalam usus.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi rutin buah lingonberry dapat menjaga kesehatan pencernaan, karena kandungannya yang juga berperan sebagai antiinflamasi.

3. Bantu mengontrol berat badan

Seperti halnya buah jenis beri lainnya, buah lingonberry merupakan makanan rendah kalori, yang hanya menyediakan 54 kalori per 100 gramnya.

Meski penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan, uji coba lingonberry pada hewan menunjukkan bahwa lingonberry dapat menghambat aksi enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Dengan begitu, jumlah kalori yang dicerna dapat ditekan dan berat badan tubuh tetap terjaga.

4. Menjaga kadar gula darah

Kamu suka makanan manis? Agar risiko diabetes dapat dikurangi, yuk konsumsi camilan manis kamu bersamaan dengan buah lingonberry. Selain lebih sehat, ternyata buah ini juga dapat menjaga kadar gula darah tubuh lho, Jovians.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian pada sebuah kelompok wanita, yang menunjukkan konsumsi gula bersama dengan lingonberry menunjukkan kenaikan insulin yang lebih rendah 17% daripada kelompok yang mengonsumsi gula tanpa lingonberry.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Berkat kandungan polifenol dan serat lingonberry yang tinggi, buah ini dinilai dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah lingonberry dapat melancarkan aliran darah, memperlambat perkembangan aterosklerosis, serta menurunkan kolesterol darah dan trigliserida. Meski begitu, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk membuktikan efektivitas manfaat lingonberry yang satu ini.

6. Penglihatan yang lebih baik

Cahaya dapat menyebabkan kerusakan radikal bebas pada mata. Hal ini karena retina, bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf sangat rentan terhadap sinar ultraviolet A (UVA) dari matahari dan cahaya biru seperti dari perangkat digital komputer dan smartphone.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak lingonberry dapat melindungi sel retina dari kerusakan radikal bebas, berkat kandungan antioksidannya seperti anthocyanin. Meski penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat lingonberry bagi mata ini, telah banyak rekomendasi yang mendukung antioksidan dapat mendukung kemampuan penglihatan.

7. Menurunkan risiko penyakit kanker

Buah-buahan termasuk buah lingonberry mengandung serat, vitamin, dan nutrisi yang diyakini dapat mengurangi risiko kanker. Beberapa jenis kanker ini termasuk kanker mulut, kanker payudara, kanker usus, dan kanker serviks.

Sebuah penelitian menemukan bahwa jus lingonberry yang difermentasi dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker mulut. Namun, meski hasil ini menggembirakan, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Nah, demikianlah sejumlah manfaat lingonberry bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh. Cara konsumsi lingonberry juga sangat beragam, mulai dari dikonsumsi secara langsung, hingga diolah menjadi jus, manisan, atau sirup.

Ingin tahu manfaat buah lainnya bagi kesehatan? Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasinya di PlayStore dan AppStore untuk dapatkan rekomendasi suplemen harian personalmu.