Gaya Hidup Sehat

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Written by Kita Bersama · 2 min read >

Tak hanya sebagai penyedap makanan, daun salam ternyata juga punya banyak manfaat untuk kesehatan lho, Jovians! Mulai dari turunkan gula darah hingga kolesterol, berikut sejumlah manfaat daun salam untuk kesehatan.

Kandungan daun salam

Mengandung antioksidan dan punya sifat antiinflamasi, kandungan daun salam inilah yang menjadikan salah satu bumbu dapur ini baik bagi kesehatan kamu.

Satu sendok daun salam mengandung 6 kalori, 0.1 gram protein, 14 gram karbohidrat, dan 0.2 gram lemak. Karbohidrat yang terkandung dalam daun salam merupakan karbohidrat kompleks, menjadikannya tanaman berserat tinggi dan rendah gula. Dilansir dari WebMD, satu sendok daun salam yang telah dihancurkan juga mengandung nutrisi berikut:

Masing-masing dari kandungan ini dibutuhkan tubuh untuk mendukung metabolisme dan menjaga tubuh tetap sehat.

Manfaat daun salam untuk kesehatan

Daun salam bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk membantu atasi berbagai masalah kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat daun salam bagi kesehatan.

1. Berperan sebagai antioksidan

Mengandung vitamin C dan nutrisi baik lainnya, daun salam merupakan tanaman antioksidan yang membantu melawan efek jahat dari radikal bebas dan stres oksidatif. Kandungan antioksidan dalam daun salam ini juga menandakan bahwa daun salam baik untuk daya tahan tubuh.

2. Mengandung antibakteri dan antimikroba

Sifat antibakteri dan antimikroba dari daun salam menjadikannya baik untuk atasi masalah pencernaan yang kamu alami. Daun salam ditemukan dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat E. coli. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu melawan perkembangan bakteri H. Pylori, bakteri yang menyebabkan bisul.

3. Turunkan kadar gula darah

Manfaat daun salam selanjutnya yang tak kalah hebat adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi daun salam dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan hal ini.

4. Bantu melawan sejumlah jenis kanker

Kandungan antioksidan dan sifat antibakteri di dalam daun salam dinilai dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker pada kanker kolorektal. Selain kanker kolorektal, daun salam juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker payudara dan leukimia, meski penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat daun salam yang satu ini.

5. Bantu kontrol penyakit diabetes

Manfaat daun salam selanjutnya adalah membantu mengontrol penyakit diabetes. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, mengonsumsi 1 hingga 3 gram daun salam setiap hari dapat membantu menurunkan dan mengelola kadar glukosa dan kadar kolesterol pada penderita diabetes. Kemungkinan besar manfaat ini dikarenakan kandungan polifenol, yang merupakan antioksidan kuat.

Selain daun salam, kamu juga bisa konsumsi suplemen Konilife Glucotrim (Rp115.500) untuk bantu kontrol gula darah penderita diabetes.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Daun salam juga dapat mengobati luka lho, Jovians! Mengandung antiinflamasi, kamu bisa obati luka dengan memanfaatkan rebusan daun salam dan sereh.

7. Cegah batu ginjal

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa daun salam, bersama dengan 8 ramuan obat tradisional lainnya mampu mengurangi jumlah urease dalam tubuh. Urease adalah enzim yang yang apabila tidak seimbang di dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan lambung dan batu ginjal. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

Manfaat rebusan daun salam

Selain sebagai bahan makanan, rebusan daun salam juga berikan sejumlah manfaat, lho. Berikut manfaat rebusan daun salam yang bisa kamu coba lakukan:

1. Mengurangi stres dan cemas

Wangi aromaterapi yang dihasilkan dari rebusan daun salam dapat memberikan efek menenangkan alami sekaligus membersihkan udara. Wangi ini dapat membantu kamu untuk lebih rileks, sehingga stres dan cemas dapat lebih berkurang.

2. Bantu merawat rambut

Manfaat rebusan daun salam ini bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rambut yang lebih sehat nih, Jovians. Caranya juga sangat mudah, cukup gunakan rebusan daun salam pada kulit rambut dan pijat perlahan setelah keramas. Kandungan-kandungan dalam daun salam akan membantu menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut jadi lebih sehat.

3. Tidur lebih nyenyak

Sifat menenangkan dari aroma daun salam dapat membantu menginduksi tidur. Aroma rebusan daun salam yang menenangkan membantu kamu lebih rileks sehingga lebih mudah tidur.

Efek samping daun salam

Penggunaan daun salam, baik sebagai bahan makanan maupun rebusan daun salam hingga saat ini masih tergolong aman dan belum ditemukan efek samping. Hanya saja, pastikan untuk tidak mengonsumsi daun salam mentah karena daun mentah tidak dapat dicerna dan malah mengganggu sistem pencernaan kamu nantinya.

Demikianlah 10 manfaat daun salam yang perlu kamu ketahui. Simak informasi mengenai kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin dan suplemen personalmu.