Gaya Hidup Sehat

Lebih Sehat & Glowing, Konsumsi 10 Makanan untuk Kecantikan Kulit Ini

Written by Kita Bersama · 3 min read >

Kamu ingin kulit yang sehat dan glowing? Menggunakan berbagai macam skincare mungkin bisa dilakukan untuk dapatkan kulit mulus dan bercahaya, tetapi kebanyakan orang sering kali lupa kulit yang sehat juga harus dibarengi dengan perawatan dari dalam tubuh, yakni melalui makanan yang sehat dan baik untuk kulit.

Berikut ini adalah berbagai jenis makanan untuk kecantikan kulit, yang mudah ditemukan untuk konsumsi sehari-hari.

1. Ikan

makanan-untuk-kecantikan-kulit

Ikan seperti ikan salmon, ikan lele, dan ikan kembung adalah makanan untuk kecantikan kulit yang sangat baik. Ikan-ikan ini mengandung asam lemak omega 3, yang esensial untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Omega 3 diketahui sangat penting untuk menjaga kulitmu tetap kencang, kenyal, dan lembab. Faktanya, kekurangan mineral yang satu ini dapat jadi penyebab kulit kering. Selain itu, omega 3 juga merupakan antiinflamasi dan sumber vitamin E yang baik, sehingga dapat meredakan jerawat dan melindungi kulitmu dari sinar UV matahari.

2. Alpukat

Makanan untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah alpukat. Buah alpukat sangat tinggi akan lemak sehat, yang membantu menjaga keelastisan kulitmu dengan menjaga kelembapannya.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E dan B, yang kaya akan antioksidan yang menjaga kulit dari paparan radikal bebas sekaligus merangsang produksi kolagen kulit.

3. Ayam

Sama seperti ikan, ayam mengandung banyak asam amino yang merangsang pembentukan kolagen kulit. Jaringan ikat yang banyak terdapat pada unggas inilah yang menjadi sumber kolagen bagi kulitmu.

Bahkan, leher dan tulang ayam diketahui merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung kolagen buat kecantikan.

4. Ubi jalar

Beta karoten adalah salah satu nutrisi yang hanya ada pada tumbuhan. Mineral ini berfungsi sebagai provitamin A, yang berarti dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Karotenoid seperti beta karoten membantu menjaga kesehatan kulitmu dengan bertindak sebagai tabir surya alami. Merupakan antioksidan tinggi, beta karoten dalam jumlah tinggi dapat memberi efek rona pada kulit wajahmu, dan juga berkontribusi dalam kesehatan kulit secara keseluruhan.

Beta karoten banyak ditemukan dalam jeruk dan sayuran seperti wortel, bayam, dan ubi jalar. Satu porsi ubi bakar diketahui mengandung cukup beta karoten untuk menyediakan lebih dari enam kali vitamin A harian yang dibutuhkan.

5. Brokoli

makanan-untuk-kecantikan-kulit

Makanan untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah brokoli. Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit, termasuk zinc, vitamin A, dan vitamin C.

Tak hanya itu, brokoli juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja mirip seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulitmu dari kerusakan oksidatif yang memicu kulit kering dan keriput.

6. Tomat

Sumber vitamin C yang jarang diketahui, tomat bisa menjadi pilihan makanan untuk kecantikan kulitmu. Satu tomat ukuran sedang dapat mengandung hampir 30 persen nutrisi penting yang berguna untuk pembentukan kolagen.

Selain itu, tomat juga mengandung likopen, antioksidan untuk kulit dalam jumlah yang besar. Mengkombinasikan tomat dengan makanan berlemak yang sehat seperti keju atau olive oil untuk penyerapan nutrisi yang lebih maksimal.

7. Kedelai

Telah banyak penelitian yang menyebutkan kedelai mengandung isoflavon, yang dapat meniru cara kerja hormon estrogen dalam tubuh.

Sehingga, mengonsumsi kedelai sangat baik bagi wanita terutama yang telah mengalami menopause untuk menyeimbangkan hormon tubuh, sekaligus meningkatkan kelembapan kulit dan meningkatkan produksi kolagen kulit.

8. Cokelat

Makanan untuk kecantikan yang satu ini banyak disukai oleh orang-orang, karena rasanya yang enak. Tahukah kamu cocoa yang terkandung dalam cokelat punya manfaat yang luar biasa bagi kulitmu?

Cocoa mengandung antioksidan yang melindungi kulitmu dari sunburn, mencegah munculnya keriput, mengencangkan dan menghidrasi kulit, hingga memperbaiki tekstur kulitmu.

Pastikan untuk memilih dark chocolate yang mengandung setidaknya 70 persen cocoa untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan asupan gula tambahan.

9. Teh hijau

Sama seperti makanan tinggi antioksidan lainnya, teh hijau atau green tea dapat melindungi kulitmu dari efek berbahaya sinar UV matahari.Teh hijau juga ditemukan dapat mengunci kelembapan, memperbaiki tekstur kulit, dan meningkatkan elastisitas kulitmu.

Meskipun teh hijau baik untuk kecantikan kulitmu, kamu perlu menghindari mengonsumsi teh hijau dengan susu, karena dapat mengurangi manfaat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

10. Putih telur

Bawang putih ternyata tak hanya berguna sebagai penambah rasa pada makanan, tetapi juga berguna untuk meningkatkan produksi kolagen kulitmu.

Menurut seorang ahli diet, Carrie Gabriel, dilansir dari Healthline mengatakan, “Bawang putih mengandung sulfur yang tinggi, yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.”

Namun, hindari mengonsumsi bawang putih terlalu banyak karena dapat menyebabkan mulas, sakit perut, atau meningkatkan risiko perdarahan jika kamu mengonsumsi obat pengencer darah.

Itulah 10 makanan untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Selain dari makanan, kamu juga dapat menjaga kecantikan kulitmu dengan mengonsumsi suplemen kulit seperti Noera Collagen Drink (Rp168.338). Dapatkan juga suplemen kulit lainnya dengan harga hemat dan gratis ongkir di Jovee, pusat vitamin terlengkap personalmu.