Mindfulness

Apa Arti Percaya Diri? Kenapa Kita Menginginkannya?

Written by Kita Bersama · 2 min read >

Apa Arti Percaya Diri? – Sering sekali kita mendengar frasa percaya diri. Sering sekali percaya diri digambarkan sebagai sebuah magic yang bisa mengubah satu keadaan. Apa arti percaya diri dan mengapa kita menginginkannya? Dua hal tersebut menjadi bahasan utama dalam artikel Riliv kali ini. Baca hingga tuntas, ya!

Apa Arti Percaya Diri?

Secara umum, definisi percaya diri adalah sebuah rasa percaya akan kemampuan diri sendiri untuk melakukan satu tugas dengan baik. Percaya diri juga berarti memahami diri akan kelebihan dan juga kekurangannya yang dibalut dengan pandangan positif terhadap diri sendiri.

Dari arti tersebut di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa percaya diri adalah modal penting bagi individu untuk bisa menjalankan perannya dengan baik. Percaya diri berasal karena kesadaran akan kelebihan diri tanpa menutup mata kekurangan yang ada.

Rasa percaya diri tidak selalu stabil, kadang tinggi dan di lain waktu bisa saja rendah. Meski demikian, hal ini sama sekali tidak berkaitan dengan kemampuanmu, namun lebih karena persepsi. 

Pikiranmu dalam memandang diri sendiri tidak selalu baik dan hal itu wajar. Ini bisa bersumber dari kenyataan memang kamu tidak menguasai suatu skill untuk satu tugas. Rasa ketidakpercayaan diri ini bisa bermanfaat, sehingga kamu akan berusaha belajar untuk menguasai skill tersebut.

Baca Juga:

7 Cara HR Agar Karyawan Tampil Percaya Diri!

Kenapa Kita Menginginkan Rasa Percaya Diri?

Apa Arti Percaya Diri
Photo by Hu Chen on Unsplash

Percaya diri adalah modal penting yang bisa membantumu untuk bisa mengerjakan tugas apapun tanpa rasa ragu atau pun cemas. Percaya diri bisa membawa, membantu, dan mengantarkan dirimu dari satu titik dalam hidup ke titik yang lainnya.

Dalam usaha untuk mendapatkan rasa percaya diri atau dalam meningkatkatkannya, lazim bagi siapa pun untuk mendapatkan nasihat yang cliche.

“Fake it till you make it!”

“Pasti bisa!”

“No one can replace you!”

Pasti kamu sering mendengar kalimat-kalimat afirmasi di atas. Memang kesannya not that deep tapi bukan nasihat yang jelek dan ternyata memiliki pengaruh yang baik juga bagi perasaanmu.

Untuk bisa lebih memaknai apa arti percaya diri, kamu bisa terjun langsung dengan meningkatkan percaya dirimu. Tips-tips peningkat percaya diri ada di bagian selanjutnya.

Tips-tips untuk meningkatkan rasa percaya diri

apa arti percaya diri
Photo by Fakhri Labib on Unsplash

Berikut ini tips percaya diri yang gampang sekali untuk kamu praktikan:

  1. Berhenti mempedulikan apa yang dipikirkan orang lain
  2. Tersenyumlah
  3. Memperhatikan body language-mu
  4. Perhatikan juga caramu berekspresi dengan tangan
  5. Ubah penampilanmu
  6. Ubah juga fisiologi tubuhmu
  7. Gunakan afirmasi dan visualisasi diri yang positif
  8. Fokus pada orang lain daripada fokus pada dirimu sendiri
  9. Lakukan hal yang tidak menyenangkan
  10. Mengenali dan mengasah kekuatan dirimu
  11. Saat gagal, perlakukan dirimu dengan baik
  12. Buatlah goal dan harapan yang realistis dan mungkin untuk dicapai
  13. Slow down saat kamu merasa emosional
  14. Berpikir logis di segala situasi
  15. Percaya bahwa pengalaman buruk tidak menentukan masa depan
  16. Belajar untuk mengatakan tidak

Kesimpulan arti percaya diri

Saat mempertanyakan apa arti percaya diri, kamu bisa menganggapnya sebagai satu tiket perjalanan ke satu kota. Dengan tiket tersebut kamu bisa mencapai kota tujuanmu. Begitulah rasa percaya diri yang bisa membantumu mencapai keinginan, goals, dan harapan-harapanmu.

Seseorang bisa saja mengalami rasa tidak percaya diri karena banyak faktor. Salah satunya adalah karena tumbuh dilingkungan yang kurang supportive. Trauma juga bisa menjadi salah satu penyebabnya dan harus ditangani oleh psikolog profesional. 

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi konseling online Riliv untuk membantu menghilangkan trauma dan meningkatkan rasa percaya diri. Install Riliv sekarang!

Referensi:

  1. Benfishel. (2016). The Psychology of Confidence: 5 Hidden Qualities of Bold Individuals. pickthebrain.com
  2. Brennan, Kyle J. (2021). 9 Killer Self-Confidence Tips For a Confidence Boost. lifehack.org
  3. usf.edu. WHAT IS SELF-CONFIDENCE?

Ditulis oleh Uyo Yahya

Baca Juga:

Menyembuhkan Hati yang Terluka Akibat Dibohongi dengan 4 Cara Berikut

Eat, Pray, Love: Memaafkan Diri Bangkit Dari Hubungan Toxic